Langkah-langkah Memulai Usaha

redaksi July 25, 2013 Comments Off
Langkah-langkah Memulai Usaha

Dalam membangun usaha, menurut Mike Rini Sutikno, CFP, perencana keuangan dari MRE Financial and Business Advisory tidak harus selalu membutuhkan modal besar. Yang seringkali juga menjadi hambatan adalah bingung memutuskan bentuk usaha maupun jenis usaha yang akan dijalani.

Berikut panduannya:

  • Mencari ‘Masalah’ = Mencari Peluang

Carilah apa yang menjadi masalah bagi banyak orang.

  • Riset

Riset dilakukan juga untuk mencari solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hasil riset bisa menjadi peluang usaha. Riset sangat penting untuk mengetahui ada tidaknya konsumen untuk produk yang Anda rencanakan.

  • Membuat Konsep dari Hasil Riset

Dari hasil riset Anda akan mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat terhadap peluang yang akan Anda tawarkan.

  • Perencanaan Anggaran

bangunlah usaha sesuai dengan visi Anda, dimana budget yang akan menyesuaikan, dan bukan sebaliknya. Jika budget kurang memadai, carilah mitra kerjasama. Misalnya jika Anda belum memiliki tempat, cari mitra yang bisa menyediakan tempat sehingga dapat menghemat modal.

  • Membuat izin usaha

Membuat badan usaha menjadi badan legal sebenarnya tidak diharuskan. Biasanya usaha yang memiliki badan hukum adalah mereka yang menghasilkan produksi dalam jumlah besar. Badan usaha yang belum memiliki izin masih tetap bisa berjalan.

  • Trial and Error

Trial and error sangat diperlukan untuk mengetahui keberhasilan usaha Anda. Kalaupun berhasil, Anda belum berada di posisi aman. Gempuran pasar yang semakin pesat, bisa menjadi salah satu cobaan.

Foto: sxc.hu

Comments

comments