Cara Memilih dan Menyimpan Buah

redaksi January 14, 2013 Comments Off
Cara Memilih dan Menyimpan Buah

Agar khasiat buah bisa dirasakan dengan optimal, memilih dan menyimpan buah ada triknya. Simak tip dari Sobir, Ph.D Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor berikut.

 

  1. Hindari membeli buah impor saat musim panen di sana. Karena tidak mungkin begitu panen begitu sampai di pasar kita. Tunda 1-2 bulan dari musim panen untuk mendapat buah yang benar-benar segar.
  2. Perhatikan tangkainya. Buahnya mungkin kelihatan baik, tapi kalau tangkainya keriput tandanya buah itu kurang segar.
  3. Perhatikan badan buah, jika tampak licin dan mengkilat bisa jadi buah telah dilapisi lilin. Lapisan lilin dimaksudkan untuk mencegah buah kehilangan air di perjalanan. Namun ada dua macam lilin, yang alami dari lebah dan yang berbahaya dari resin. Cucilah buah dengan menggunakan sabun khusus buah untuk menghilangkannya.
  4. Hindari membeli buah impor yang sudah dipotong-potong, karena dikhawatirkan berasal dari buah yang sudah tidak layak konsumsi.
  5. Tidak semua buah baik disimpan di kulkas. Untuk sebagian buah tropika simpan saja di suhu rendah di atas 10 derajat celcius.
  6. Jangan menggabungkan berbagai buah dalam satu wadah. Apel misalnya mengandung gas etilen yang bisa mempercepat pematangan buah lain di tempat yang sama. Pisahkan buah di masing-masing wadah berbeda.
  7. Agar buah selalu dalam keadaan segar, setelah belanja buah segeralah kupas, masukan wadah lalu bungkus dengan plastik khusus sebelum masuk kulkas. Lalu segeralah konsumsi. Proses membungkus diperlukan agar di dalam kulkas yang kelembapannya rendah, air di buah tidak keluar. Kalau tidak ditutup vitamin bisa hilang.

 

Sanita Deselia

Comments

comments